Sabtu, 26 Februari 2011

Definisi, Sejarah dan tujuan mempelajari Psikologi



baca selengkapnya
1.    Definisi Psikologi
Psikologi yang dalam istilah lama disebut ilmu jiwa itu berasal dari kata bahasa Inggris psychology. Kata psychology merupakan dua akar kata yang bersumber dari bahasa Greek (Yunani), yaitu : psyche yang berarti jiwa dan logos yang berarti ilmu. Jadi, secara harfiah psikologi memang berarti ilmu yang mempelajari jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya,prosesnya maupun latar belakangnya.
Kita harus dapat membedakan antara jiwa dengan nyawa. Nyawa adalah daya jasmaniah yang adanya tergantung pada jasmani dan menimbulkan perbuatan badaniah (organic behavior), yaitu perbuatan yan ditimbulkan karena adanya proses belajar. Seperti: instink. Sedangkan jiwa adalah daya hidup rohaniah yang bersifat abstrak, yang menjai penggerak dan pengatur bagi sekalian perbuatan-perbuatan pribadi (personal behavior) dari hewan tingkat tinggi dan manusia. Karena sifatnya yang abstrak maka kita tidak dapat mengetahui jiwa secara wajar, melainkan kita hanya dapat mengenal gejalanya saja. Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahuinya.
Secara umum psikologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Atau ilmu yang mempelajari tentang gejala-gejala jiwa manusia.
Definisi psikologi menurut para ahli sebagai berikut :
1.      Dr. Singgih Dirgagunarsa
Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia.
2.      Plato dan Aristoteles
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.
3.      John Broadus Watson
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku tampak lahiriah dengan menggunakan metode observasi yang objektif terhadap rangsangan dan jawaban.
4.      Menurut Crow & Crow
Pschycology is the study of human behavior and human relationship. (Psikologi ialah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan dunia sekitarnya, baik berupa manusia lain (human relationship) maupun bukan manusia: hewan, iklim, kebudayaan, dan sebagainya.
5.      Menurut Sartain
Psychology is the scientific study of the behavior of living organism,with especial attention given to human behavior. (Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme yang hidup, terutama tingkah laku manusia).
6.      Menurut Bruno (1987)
Pengertian Psikologi dibagi dalam tiga bagian, yaitu: Pertama, psikologi adalah studi (penyelidikan) mengenai “ruh”. Kedua, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “kehidup mental”. Ketiga, psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai “tingkah laku” organisme.
7.      Menurut Chaplin (1972) dalam Dictionary of psychology
Psikologi ialah ilmu pengetahuan mengenai perilaku manusia dan hewan.
8.      Ensiklopedia Pendidikan, Poerbakawatja dan Harahap (1981)
Psikologi sebagai cabang ilmu pengetahuan yang mengadakan penyelidikan atas gejala-gejala dan kegiatan – kegiatan jiwa.
9.      Menurut Richard Mayer (1981)
Psikologi merupakan analisi mengenai proses mental dan struktur daya ingat untuk memahami perilaku manusia.
10.  Wilhelm Wundt
Merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman-pengalaman yang timbul dalam diri manusia, seperti perasaan panca indra, pikiran, feeling,dan kehendak.
11.  Woodworth dan Marquis
Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari aktivitas individu sejak dari dalam kandungan sampai meninggal dunia dalam hubungannya dengan alam sekitar.
12.  Knight dan Knight
Psychology may be defined as the systematic study of experience and behavior human and animal, normal and abnormal,individual and social.
13.  Hilgert
Psychology may be defined as the science that studies the behavior of men and other animals.
14.  Ruch
Psychology is sometime defined as the study of man, but this definition is too broad. The truth is that psychology is partly biological science and partly a social science, overlapping these two majoraras and relating them each other.

untuk mengetahui info lebih lanjut Download artikel ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar